Struktur Bangunan Tahan Gempa Di Jepang

Kalian pasti pernah denger kan bahaya gempa bumi? Tenang aja, sekarang ini udah ada yang namanya rumah tahan gempa, dan gak cuma itu, rumah ini juga berkarakter minimalis loh!

Gimana sih aturan-aturan dalam membangun rumah minimalis yang aman dari gempa bumi? Yuk cari tahu!

Belajar Desain Rumah Minimalis: Aturan Membangun Rumah

rumah minimalis tahan gempa

Apa Itu Rumah Minimalis Tahan Gempa?

Rumah minimalis tahan gempa? Jadi begini, bangunan berarsitektur minimalis ini dirancang dengan teknologi yang mampu menahan guncangan akibat gempa bumi. Jadi, kalau terjadi gempa, kamu tetap aman di dalam rumah tahan gempa ini. Pantesan deh, rumah seperti ini kini jadi ramai dibangun, apalagi kalau di sekitar wilayah rawan gempa.

Mengapa Bangunan Minimalis Rumah Perlu Disebutkan Tahan Gempa?

Kalau di Indonesia, gempa bumi menjadi hal yang sering dialami, meskipun kadang-kadang gak terlalu besar. Tapi, kalau udah gempa yang kecil aja udah bikin kamu gelisah, gimana kalau yang besar? Oleh karena itu, kamu harus jeli memilih rumah, apalagi untuk kamu yang bermukim di wilayah rawan gempa. Pilihlah rumah minimalis yang tahan gempa!

Jenis-Jenis Rumah Minimalis Tahan Gempa

Jangan khawatir, buat kamu yang mager banget nyari rumah yang tahan gempa, ada berbagai model rumah minimalis yang sudah tahan gempa. Kamu bisa memilih rumah model apa yang sesuai dengan keinginanmu.

1. Rumah dengan teknologi perkuatan kolom

Teknologi ini memperkuat gempa dengan menambahkan kolom-kolom besi ke dalam dinding rumah. Gaya teknologi ini kaya gan. Gak cuma bisa nahan gempa bumi aja, dapet bonus juga rumah yang lebih kokoh.

2. Rumah green roof

Dalam model rumah ini, atapnya pedinggiiii, alias rumah miring gitu. Nah, rumah ini memang sudah dirancang tahan gempa.

3. Rumah dengan Struktur Baja

Sama seperti perkuatan kolom, rumah dengan struktur baja juga mampu menahan gempa, selain itu, rumah ini juga memiliki ketahanan maksimal, sehingga gak mudah ambruk kalau terkena bencana.

4. Rumah batu bata

Nah, bahan bangunan rumah ini memang sudah terkenal kokoh sejak lama. Tapi, kalau kamu masih ngertiin, rumah ini bisa menahan gempa, lho!

Kandungan dari Rumah Minimalis Tahan Gempa

Tenang aja, rumah tahan gempa juga dibuat dari berbagai komponen bangunan yang kuat. Material yang digunakan pun lebih berkualitas dan kuat, seperti semen, baja, dan beton.

Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis Yang Tahan Gempa

Mau tau keuntungan-keuntungan dari buat rumah minimalis tahan gempa?

1. Lebih Aman Saat Terjadi Gempa Bumi

Masa sih kamu gak mau merasa aman saat terjadi gempa bumi? Kalau rumah kamu tahan gempa, jaminannya lebih besar deh.

2. Lebih Nyaman Tinggal di Rumah

Selain aman, kamu juga tentunya merasa lebih nyaman tinggal di rumah yang tahan gempa. Jadi, kamu lihat aja teman-temanmu yang bangunan rumahnya belum tahan gempa, kan bisa bikin resah atau risih gitu.

Manfaat Membuat Rumah Minimalis Tahan Gempa

Duh, kalau manfaat pun banyak nih. Kamu pasti gak akan rugi deh memilih rumah yang tahan gempa.

1. Harga Jualnya Lebih Tinggi

Rumah tahan gempa biasanya dihargai lebih mahal daripada rumah biasa. Jadi, kalau kamu beli rumah yang tahan gempa, masa sih kamu rugi?

2. Ciptakan Lingkungan Hidup yang Aman

Kalau kamu tinggal di lingkungan yang mayoritas rumahnya tahan gempa, tentunya kamu dan tetanggamu bakal merasa lebih aman dan tenteram, gak perlu khawatir deh pas terjadi bencana.

Cara Membuat Rumah Minimalis Tahan Gempa

Memang sih, membuat rumah minimalis tahan gempa enggak murah, tapi enggak juga mahal-mahal banget. Apalagi, kalau kamu mengikuti tips berikut ini dalam membangun rumah tahan gempa.

1. Pilihlah Material yang Berkualitas

Materi bangunan yang kuat dan berkualitas adalah kunci untuk membuat rumah tahan gempa. Kamu harus mencari bahan bangunan sempurna, sepertinya triplek atau kayu berkualitas.

2. Gaya Arsitektur Rumah

Selain teknologi perkuatan kolom, cara lain untuk membuat rumah tahan gempa juga bisa dengan mendesain rumah minimalis dengan gaya arsitektur tertentu, seperti atap miring green roof atau rumah dengan sudut miring.

3. Pertimbangkan Gaya Hidup

Kalau kamu suka akan keamanan, kamu mungkin memilih model rumah minimalis tahan gempa yang memiliki banyak pintu dan jendela, sehingga pintu dan jendela tersebut bisa digunakan sebagai jalur evakuasi darurat dalam keadaan genting.

Tips Memilih Rumah Minimalis Tahan Gempa yang Baik

1. Perhatikan sertifikat bangunan, pastikan bangunan yang kamu pilih memang termasuk kategori tahan gempa.

2. Pilihlah lokasi yang aman dari bahaya bencana alam seperti gempa bumi, banjir dan berdekatan dengan lembah-lah gunung.

3. Pastikan rumah yang kamu beli dalam keadaan baik dan jangan mudah tertipu harga murah.


Plak!


LihatTutupKomentar